Tempat Nongkrongnya Kicaumania Indonesia

Cara Mengatasi Cucak Ijo Drop Mental (Kacrek)

harris st.

Cucak Ijo adalah salah satu dari Burung Paling Laku di Indonesia , selain itu burung ini juga dikenal mudah perawatannya , cukup diberikan makanan buah ataupun voer dan sedikit EF, burung bisa dipastikan gacor apabila dirawat dengan benar , dan tentu saja cara merawatnya ini harus teliti dan tidak sembarangan.


Burung Cucak Ijo merupakan jenis fighter yang sangat diminati, selain karena karakter suaranya yang merdu, burung ini juga tidak kalah cantiknya dengan burung cucak-cucakan lainnya, mungkin karena selera fighter inilah yang menjadikan burung cucak ijo bisa ngedrop mentalnya akibat terlalu sering dilombakan atau karena hal lainnya , jelas jika dibiarkan maka akan sangat berpengaruh pada kualitas burung.

Untuk itu  harus ada sebuah tindakan tepat yang dilakukan agar burung kembali pada performa awal , namun sebelum melanjutkan pada cara mengatasinya, cobalah fahami dulu Penyebab dan Cara mentasi Burung Cucak Ijo Macet Bunyi, karena biasanya burung akan macet kalau lagi ngedro mentalnya, berikut Mengatasi Cucak Ijo Drop Mental :
1. Pemandian 
Tingkatkan frekuensi mandinya , hal ini untuk menjaga kondisi burung agar tidak stres. Artinya, jika biasanya dimadikan hanya sekali dalam sehari, maka saat kondisi drop tersebut anda bisa memandikannya menjadi dua kali sehari di pagi dan sore hari. 
2. Penjemuran
Nah untuk penjemuran ini juga harus ditingkatkan, namun ketika menjemur, usahakan agar burung tidak dekat dengan burung sejenis yang bisa mengancam mentalnya, dan juga pastikan aman dari hal-hal yang mengganggunya. Jika biasanya hanya 1-2 jam saja, maka dapat anda menaikkan durasinya menjadi 2-3 jam. 
3. Pemberian EF
Berikan  5 ekor di pagi hari dan 5 ekor lagi di sore hari. Pemberian kroto juga diperlukan, dan anda bisa memberi kroto pada cucak ijo kesayangan anda yang sedang drop sebanyak 3 kali seminggu.dengan demikian burung akan kembali merasakan hangat ditubuhnya dan niscaya segera kembali pada performa awal.

4. Gantangan
Karantina dan full krodongkan, hal ini untuk menjaga agar mental burung yang sedang down ini kembali percaya diri, banyak kejadian yang membuat burung menjadi drop mentalnya, termasuk dari menyandingkannya dengan burung sejenis atau burung yang lebih bagus .

Demikian Mengatasi Cucak Ijo Drop Mental, dan tentunya semoga bermanfaat.