Tempat Nongkrongnya Kicaumania Indonesia

Tips dan Cara Ampuh Mengobati Lovebird Lumpuh

harris st.

Salah satu penyakit yang jadi momok menakutkan bagi setiap peternak semua burung adalah kelumpuhan, kelumpuhan ini ada yang dikarenakan luka pada kaki, terkena bubutan, bakteri ataupun bahkan tanpa gejala sebelumnya , seperti yang sudah saya tuliskan pada artikel sebelumnya tentang Penyebab Murai Batu Pincang dan Cara Mengatasinya.
Memiliki burung lovebird yang sehat dan rajin ngekek adalah dambaan setiap LB-Mania dimanapun itu, namun alangkah kagetnya jika kemudian tiba-tiba lovebird kesayangannya kemudian pincang dan bahkan sampai lumpuh, jika tidak ditindak lanjuti maka akibatnya bisa fatal , untuk itu berikut ini saya sajikan Tips Ampuh Mengobati Lovebird Lumpuh :
  1. Buat kotak persegi sesuaikan ukurannya untuk karantina lovebird yang sakit lumpuh
  2. Berikan lampu watt kecil sebagai penghangat
  3. Usapkan balsem pada kakinya sembari diurut perlahan, hal ini bermanfaat untuk mengembalikan otot yang kendur dan melancarkan darahnya yang beku.
  4. Untuk pakan siapkan jagung yang sudah diberi air untuk memudahkannya makan si lovebird (lakukan pada 3 hari pertama masa karantina)
  5. Dihari keempat berikan minuman pada cepuk kecil, kurangi watt lampu (apalagi siang hari)
  6. Bisa juga anda tambahkan obat yang biasa dijual dipasaran seperti BirdPro yang mengandung propolis , teteskan saja pada paruhnya secukupnya.
Cara diatas adalah sekian banyak dari cara yang tersebar , untuk itu silahkan anda mencari refrensi yang lain yang lebih jitu, namun jika cara di blog Burungnusantara.com manjur maka saya sebagai penulisnya merasa senang bisa membantu dalam hal pengetahuan, demikian Tips Ampuh Mengobati Lovebird Lumpuh, semoga bermanfaat.