Tempat Nongkrongnya Kicaumania Indonesia

Lebih Potensial Mana Antara Ternak Kenari Dengan Pembesaran ?

harris st.

Barangkali itulah yang ada dibenak seorang pemula dalam hal perburungan, banyak yang masih belum bisa memastikan apakah nanti akan usaha ternak, atau bahkan pembesaran, karena keduanya sama-sama menghasilkan, dalam pengalaman pribadi saja saya sudah membuktikannya.

Penangkaran kenari memang masih menggiurkan dalam hal untung, baca : Inilah Faktor Keberhasilan Ternak Burung Kenari, karena selain mudahnya menernak kenari, hal ini juga masih dipengaruhi pasar yang cukup strategis, sementara itu burung kenari yang usianya gak lama, juga menjadi penentu betapa burung kenari ini akan terus eksis.


Ternak kenari bisa dibilang bisnis sampingan yang wajib dilakukan oleh para kenari mania, betapa banyak orang diluar sana yang mengira bahwa dengan banyaknya burung kenari, maka harganya akan jauh merosot dipasaran, hal itu memang ada benarnya, akan tetapi jangan berhenti disitu saja, coba lihat apakah peternak kenari sudah hilang? nyatanya sampai sekarang ?

Nah, dari situ kita bisa membayangkan jika dalam sebulan saja kenari 3 indukan bisa menghasilkan uang lebih dari 1 jutaan bahkan lebih  (yang produktif), akan untung berapa jika anda kemudian menangkar lebih dari 10/20 pasang kenari yang siap produksi?, hehe kalau masalah hitung-hitungan untung paling jago, eitss tapi jangan sampai lupa , bahwa semua itu akan terwujud jika anda bekerja keras.

Sedangkan untuk pembesaran sendiri bisa dibilang gak kalah enaknya dengan ternaknya langsung, meskipun ada resiko kematian yang menghantui, akan tetapi semua resiko juga pasti akan ditanggung setiap usaha, karena jika anda memutuskan untuk usaha pembesaran kenari ya cukup mudah saja, tinggal beli anakan, pelihara sampai besar, kemudian jual dengan harga yang tentunya lebih tinggi diabandingkan dengan ketika anda membelinya pas anakan.

jika saja anda membeli 10 ekor lolohan kenari yang sudah makan sendiri (antara usia 1-2 bulan) dengan harga 90-100 ribuan (tergantung pasaran tiap daerah) , maka dalam 2 bulan - 3 bulanan saja, ketika dijual lagi harganya akan naik sampai 100% menjadi 200-250an, bisa dihitung deh hasilnya berapa.

Sebenarnya saya menulis perbandingan ini adalah hasil dari pengalaman pribadi saya yang saya kombinasikan dengan pengalaman teman, karean teman saya yang ternak kenari , sementara saya sendiri yang membesarkan dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi , yah begitulah kira-kira, semoga tulisan ini bermanfaat .