Tempat Nongkrongnya Kicaumania Indonesia

Cara Mudah Mengatasi Anis Kembang Macet Bunyi

harris st.

Burung anis kembang atau yang biasa disingkat AK ini adalah sejenis burung yang hampir mirip dengan burung anis merah, hanya saja bulunya yang membedakan kedua jenis burung tersebut, sehingga beberapa keadaan juga terasa akan persamaannya, mulai dari kicauannya, dan karakter burung.
Pada dasarnya burung anis merah ini adalah burung yang mempunyai selera fight yang bagus, sehingga tidak jarang pecinta AK sangat menggemarinya ketimbang burung lainnya, namun alangkah kecewanya jika tiba-tiba burung kesayangannya ini mulai mendiam dan bisu  alias tidak ngoceh sama sekali (macet bunyi).

Dari macet bunyi ini beragam ekspresi kekecewaan sang pemilik, ada yang masih ingin mempertahankannya, ada yang drop dan kapok memelihara AK, ada pula yang langsung menjualnya dan berganti dengan jenis burung lainnya, namun disini kami  akan memberikan caranya mengatasi AK yang macet bunyi , jadi tidak perlu ngambek lagi , berikut caranya :
  1. Sebelum membahas lebih jauh anda sebaiknya sudah bisa memastikan bahwa burung AK anda adalah pejantan, jika belum mengerti cara membedakannya silahkan disimak artikel Cara Membedakan Anis Kembang Jantan dan Betina.
  2. Selanjutnya anda asingkan dahulu burung yang macet bunyi ini ditempat yang aman, nayaman dan tenang, sehingga lebih fokus masa penyembuhannya.
  3. Tambahlah porsi EF-nya, namun jangan terlalu banyak juga, bisa 3-4 ekor jangkrik saja (pagi sore)
  4.  Berikan buah kesukaannya seperti apel, buah naga, pepaya, pisang, jangan buah-buahan yang sudah lama, namun usahakan yang masih segar (meskipun sebenarnya anda sendiri mau makan buah yang segar :D)
  5. Untuk pengembunan lakukan dipagi hari yang sejuk sambil diberi seekor cacing
  6. Saat jam 7 pagi berikan 1 sendok teh kroto fresh
  7. Mandikan burung lalu jemur sekitar 30 menit saja, jangan lama-lama.
  8. Kemudian setelah dijemur lalu gantang ditempat yang aman dan nyaman
  9. Sambil digantang berikan stimulasi berupa audio suara AK betina atau suara burung masteran .
  10. Jangan lupa memberinya suplemen atau multivitamin untuk menjaga kondisinya agar bisa selalu fit , usahakan burung jauh dari stress dan sebisa mungkin anda menjaganya dari incaran predator .
  11.  Lakukan sampai AK anda merasa baikan lagi dan mau berkicau .
Semoga bermanfaat, silahkan share jika dirasa artikel sangat bermanfaat bagi kicaumania yang lainnya.