Tempat Nongkrongnya Kicaumania Indonesia

Penyebab Cucak Ijo Macet Bunyi dan Cara Mengatasinya

harris st.

Burung cucak ijo adalah salah satu burung yang paling digemari pecinta burung kicau Nusantara, tidak hanya suaranya yang indah yang membuatnya menarik, buulunya yang hijau dan gerak-gerik burung ini memang patut menjadi burung peliharaan kicaumania.

Burung cucak ijo adalah burung yang dikenal fighter, dan tentunya tidak akan diam jika ada suara burung lainnya yang ia dengar, dengan bersemangat burung ini akan membalas kicauan dari burung lain tersebut, namun apa jadinya jika burung cucak ijo kesayang kita kemudian mengalami macet bunyi , malas bunyi dan lain-lain, sehingga menyebabkan burung ini terlihat membosankan.

Adakalanya burung cucak ijo ini menjadi macet bunyi adalah karena kegemukan , untuk mengatasi kegemukan ini, silahkan baca, Cara Mengatasi Cucak Ijo Over Brahi , selanjutnya, burung cucak ijo mengalami hal demikian karena faktor lainnya , untuk itu segera ambil tindakan yang berguna untuk memulihkan kondisi tersebut , yakni dengan cara :
  • Jemur CI tanpa pakan.
  • Terapi mandi sauna
  • Memberi pakan mentimun dan belimbing pada CI
  • Memindahkan CI ke kandang umbaran agar banyak bergerak.
 Penyebab Cucak Ijo Macet Bunyi dan Cara Mengatasinya
  1. Cucak Ijo macet karena mabung / molting : cara mengatasinya adalah dengan cara perawatan masa mabung yang benar , dengan cara mempercepat masa mabung, pemberian pakan EF dan pemberian vitamin.
  2. Cucak Ijo Macet karena over birahi : biasanya burung ini akan mengalami malas bunyi, kondisinya galak dan agresif, adalah karena brahinya yang sedang tinggi , untuk itu silahkan pelajari DISINI .
  3. Cucak Ijo macet bunyi karena Serak : bisa jadi burung akan mengalami suara serak karena beberapa hal , diantaranya: terkena bakteri penyakit atau sedang sakut, untuk itu segera berikan obat yang biasa dijual ditoko-toko burung, jangan lupa diberikan juga multivitamin dalam minumannya .
  4. Burung Cucak Ijo macet karena Obesitas : cara tepat mengobati obesitas atau kegemukan pada burung cucak ijo adalah dengan cara berikut
  5. Cucak Ijo macet karena mental drop : cara mengatasinya adalah dengan mengasingkannya terlebih dahulu ketempat aman, nyaman dan tenang , jauh dari kebisingan, keramaian dan dari burung sejenis.
Demikianlah Artikel  Penyebab Cucak Ijo Macet Bunyi dan Cara Mengatasinya, semoga bisa bermanfaat.