Tempat Nongkrongnya Kicaumania Indonesia

Tips dan Cara Mudah Membuat Pleci Buka Paruh dan Ngeroll

harris st.

Burung Pleci yang ternyata banyak sekali jenisnya didunia ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para kicaumania, terlebih mereka yang suka burung kecil tapi bersuara nyaring seperti pleci ini, nama lainnya yaitu burung kacamata.

Pada artikel yang sudah-sudah pernah saya bahas bagaimana caranya Agar Pleci Bisa Gacor dan Rajin Bunyi,dan sudah banyak yang memepraktekkannya, semoga saja bisa bermanfaat, begitu pula dengan Cara Berternak Pleci juga sudah saya tulis , untuk yang sekarang ini saya akan membahas bagaimana caranya agar pleci bisa Bukpar (buka paruh) dan bisa ngerool , yuk simak selanjutnya :
  1. Pilih jenis pleci jantan, terserah mau daput atau dakun, yang penting jantan
  2. Latihlah untuk ngerol dengan cara stop dahulu pemberian voer dan buah, ganti dengan ulat kandang atau UK (bukan UH : ulat hongkong) berikan porsinya 1/2 cepuk makan saja.
  3. Beri juga susu kental manis disiang hari
  4. Jemur pleci mulai dari jam 5 pagi (pengembunan) sampai jam 1 siang
  5. Setelah dijemur bisa dimasterin minimal 1 jam(pada saat malam juga boleh dimaster sambil istirahatnya)
  6. Saat malam hari burung keluarkan dan gantang ditempat tinggi (pastikan aman dari predator, tikus, kucing, tokek atau yang lainnya)
  7. Jika sudah mulai buka paruh maka berikan menu pisang dan susu disiang hari , beri juga madu untuk malam harinya , ditambah UK 1 sendok teh.
Lakukan cara tersebut diatas hingga anda sudah merasa cukup bukpar dan ngerollnya, jika anda tlaten pasti bisa kok, selamat mencoba.