Tempat Nongkrongnya Kicaumania Indonesia

Mengenal Burung Rengganis Alias Cucak Wilis

harris st.

Jenis burung cucak-cucakan yang satu ini memiliki bentuk yang unik dan menarik sekali, selain harganya yang murah, burung ini juga memiliki suara yang renyah, lebih mirip Kutilang namun lebih nyaring , ngerol dan rapat, perawatannya pun relatif lebih mudah.

Burung yang punya nama lain (Pycnonotus) ini fisiknya juga lebih enak dipandang , dengan jambul bintik orange dan area mata. burung ini mudah sekali ditemui apalagi disekitar hutan dikepulauan Indonesia.

Burung cucak wilis ini juga sering dikait-kaitkan dengan burung orange-spotted bulbul oleh warga Internasional, meskipun aslinya burung endemik Indonesia, dari beberapa spesies ini dibedakan menjadi 3 jenis dengan wilayah persebaran yang berbeda-beda :
  • Pycnonotus bimaculatus bimaculatus (Horsfield, 1821) : habitat di wilayah baratdaya Sumatera, Jawa  Barat, dan Jawa Tengah.
  • Pycnonotus bimaculatus snouckaerti  (Siebers, 1928) : habitat di wilayah baratlaut Sumatera.
  • Pycnonotus bimaculatus tenggerensis (van Oort, 1911) : habitat di Jawa Timur.
Habitat Cucak Wilis atau Rengganis
kehidupan mereka dialam bebas biasanya lebih suka dengan daerah pegunungan yang relatif lebih tinggi yakni 800-3000 dpl (diatas permukaan laut) , ada juga yang suka berada diatas puncak gunung sekalipun, sehingga mudah sekali ditemui mulai dari lereng sampai puncak gunung, termasuk didaerah sekitar gunung Merapi.

Makanan
Pakannya seperti biasa, sama seperti Cucak Jenggot , yaitu suka makan serangga , ulat, dan berbagai jenis buah-buahan seperti pisang, pepaya, bahkan buah dari pohon beringin, orang dari Jawa Timur terutama yang tinggal di sekitar gunung Wilis pasti tidak asing dengan burung ini.