Tempat Nongkrongnya Kicaumania Indonesia

Cara Membuat Tepung Wortel Untuk Lovebird Kesayangan

harris st.

Lovebird adalah salah satu burung unik yang mudah sekali pakannya, selain makan milet, burung LB juga biasanya dikasih jagung untuk staminanya. Namun yang perlu diketahui LB ternyata juga menyukai wortel untuk asupan vitaminnnya.

Wortel adalah salah satu dari sekian sayuran yang sangat direkomendasikan untuk dibuat sebagai pakan harian burung kicau, contohnya seperti lovebird yang sangat menyukainya, didalam sayuran berwarna orange ini terkandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh burung.


Di luar negeri juga banyak para breeder yang menjadikan wortel sebagai pakan wajib saban harinya, sehingg sayuran ini memang akrab sekali, nah jika anda memberikannya sebagai pakan secara langsung , usahakan pilih buah wortel ini yang segar dan muda, sehingga burung juga akan mendapatkan manfaatnya.

Akan tetapi bagian dari wortel ini ada yang tidak bisa dimakan karena terlalu keras, contohnya dibagian pangkalnya, bagian ini kaya akan vitamin, namun karena lebih keras dari ujungnya sehingga sering tidak dimakan sama burung, untuk itu kita harus akali dengan menjadikan wortel sebagai tepung, setelah sebelumnya kita pelajari Cara Membuat Kocktail Untuk Burung Cucak Ijo, nah seperti apakah cara membuat tepung wortel ini, berikut penjelasannya :
  1. Siapkanbuah wortel segar secukupnya
  2. Lalu cucilah sampai bersih dengan air mengalir selanjutnya diamkan sampai kering.
  3. Lalu iris tipis-tipis, diparut juga bisa
  4. Selanjutnya blender irisan wortel tersebut hingga halus.
  5. Kemudian wortel halus tadi dikeringkan dalam oven selama beberapa menit.
  6. Lalu saringlah / ayak
  7. Selanjutnya masukkan dalam toples kering yang bersih dan tutup rapat
  8. Nah, tepung wortel siap diberikan kepada burung kesayangan
Pengeluaran anda akan hemat jika menggunakan cara ini, kemudian burung juga akan mudah dalam mengkonsumsinya.

Selamat mencoba ;)