Tempat Nongkrongnya Kicaumania Indonesia

Cara Menjinakkan Burung Cendet Terlengkap

Mempunyai burung cendet yang jinak adalah sebuah impian seorang pecinta burung, kita tahu bahwa cendet memiliki suara yang bagus begitu juga mentalnya yang terkesan garang , dialam liar memang burung cendet atau pentet ini masih sejenis burung predator, dia mengejar burung-burung kecil lalu menyantapnya dengan ganas.

Namun apabila bisa kita jinakkan sebenarnya burung cendet sangat lucu sekali, setelah kita pelajari Cara Menjinakkan Burung Pleci Terlengkap, kini kita juga akan menyimak Cara Menjinakkan Burung Cendet, berikut caranya :
  • Pertama adalah saat baru mendapatkan burung cendet bakalan yang tentunya masih liar maka pertama yang perlu diperhatikan adalah memberinya pakan yang sesuai dengan tipe burung , ibaratkan tamu yang baru datang dari jauh maka kita harus menjamunya , begitulah yang saya maksud dengan segera memberinya pakan yang sesuai dengan jenis dan tipe burung.
  • Jadikan burung sedikit lapar dan membuatnya jadi tergantung dengan anda lalu usahakan setiap memberi makan dengan menyodorkannya langsung dari tangan anda .namun anda harus mengatur jadwalnya biar burung juga tidak terlalu kelaparan ketika menunggu anda memberinya pakan. contohnya jika pagi berikan jangkrik 3 ekor , siang 2 ekor dan sore 3 ekor . lakukan dengan rutin sampai cendet anda benar benar tidak lagi sungkan alias klabakan jika anda mendekatinya karena anda sudah terbiasa memberinya pakan
  • Letakkan burung ditempat yang banyak dilalui manusia agar cepat beradaptasi dengan manusia disekelilingnya ( namun jangan terlalu dekat juga dengan jalan raya , karena banyak kasus burung cendet jadi klabakan karena takut dengan mobil atau kendaraan besar yang lewat)
  • Seminggu kemudian sering seringlah dimandikan (namun tetap kondisional)
  • Kurangi memberi pakan dengan tangan hal ini menghindari burung cendet dari mbagong dan tidak manja. lebih baik anda letakkan pada cepuk makannya.
  • Setelah agak jinak lakukan secara rutin memandikan burung pagi dan sore hari dan jangan lupa memberinya 2 ekor jangkrik setelah dimandikan
  • 2 minggu kemudian setelah anda mendapati cendet sudah jinak maka tinggal menerapkan perawatan harian untuk cendet agar gacor dan rajin bunyi 
  • Jika burung masih belum makan voer maka proses pembelajarannya relatif lama sekitar 1-2 bulan nah ..untuk itu anda harus sabar dan tulus merawat cendetnya agar bisa jinak dan bisa makan voer. 
Demikian caranya semoga bermanfaat dan semangat lagi Cendet Mania.